3 Apr 2011

28 Maret 2011 05:41

what is the purpose of life ?

di suatu jalan
dimana ratusan insan berada
ribuan langkah dijejakkan
jutaan pandangan berpendar
milyaran nafas terhela dan terhembus bergantian

seakan semua makhluk berjalan beringingan
menuju tak terbatas dan melampauinya
melangkah dan terus berjalan
ada yang kian cepat
ada yang teratur melambat

apakah yang hendak engkau cari kawan ?
tanyaku kepada semut yang berusaha bertahan disela jejap kaki

aku mencari celah
yang kelak akan mengizinkanku menyebrangi jalan ini

setelah sampai di seberang
apa lagi kemudian yang akan kau cari ?

aku akan mencari makanan
yang kemudian akan menentramkanku

apakah akan menentramkan bagimu
sedangkan saat menuju ke sana kau mungkin akan terluka, bahkan mati ?

jika pun aku tidak sampai kemana aku menuju
aku tetap harus mencari sesuatu
sesuatu yang aku tuju. sesuatu yang menuntutku melakukan sesuatu

"Apakah kamu mengira bahwa kamu diciptakan tanpa bertuju ?
Dan bahwa kamu tidak akan mati dan berhenti ?
Yang terpenting adalah tentukan tujuanmu dan tempuhlah"

aku terdiam terhenyak
seekor semut berlari kecil menempuh celah yang dinantikannya
berlari menuju ketentraman yang ditetapkannya

(inspired by: QS Al-Mukminun 23: 115)