4 Jun 2011

teko ajaib !

Assalamu'alaikuum warrahmatullaahi wabarakaatuh 
(*◠‿◠*)


Rasulullah saw pernah bersabda, "Di dalam tubuh manusia itu ada segumpal daging. Kalau daging itu baik, maka baik pula tubuhnya, tetapi kalau daging itu buruk, maka buruklah seluruh sikapnya. Ia adalah hati."


kepribadian, tutur kata, dan tingkah laku seseorang merupakan cerminan ekspresi dari bagaimana kondisi dan suasana hati orang tersebut. bila suasana hatinya sedang baik, sikap dan tutur katanya juga pasti akan riang seirama dengan suasana hatinya. sedangkan bila hatinya sedang marah, sikap dan tutur katanya juga akan senada dengan kemarahannya tersebut.

Ah, jadi ingat sahabatku, gresia yang mengingatkanku tentang 'ilmu teko' ala Aa Gym.
"seumpama teko, bila isinya susu, maka yang keluar dari mulut teko adalah susu. kalau isinya kopi, maka yang keluar pun sehitam kopi"

mungkin beberapa sahabat dekatku tahu, kalau aku sangaaaat ngga suka sama orang yang kasar. kasar disini yang udah kombo. yaitu kasar perbuatan (tingkah laku) dan juga kasar tutur katanya. dimataku, kalo seseorang itu bersikap kasar, isi hati dan pikirannya juga kasar. kalo liat orang yang kasar tuh yaaaa rasanyaa...
"errrgh"
"ishhh"
"raawr !"

sikap kasar yang semakin dipelihara, semakin lama akan semakin berkembang. sikap kasar ini bisa masuk ke dalam diri kita melalui banyak cara. bisa dari bergaul sama orang yang kasar, dari tontonan yang kurang bermutu, dari ikut-ikutan tren negatif, bahkan mungkin dari pola asuh orang tua yang juga kasar. yah macam macam lah.


maka hati-hatilah saat memilih input yang akan masuk ke hati kita. karena jika inputnya buruk, hanya ada dua kemungkinan yang akan terjadi: pertama keburukan itu akan menumpuk menjadi kotoran hati yang semakin lama semakin melelahkan, kedua keburukan itu akan keluar dari dirinya dalam bentuk pikiran, niat, ucapan, bahkan perbuatan.

overall, dibuat dari bahan dasar semahal dan seindah apapun, teko akan tetap menjadi teko. dia akan mengeluarkan apa yang pernah masuk ke dalamnya. memang sih kita bukan teko, tapi karena masih ada banyak langit di atas langit, jangan rendahkan siapapun karena kita juga bukan siapa siapa. mari kita belajar dari segala hal, termasuk teko ;)



jadilah seindah indahnya teko,
lalu masukkan dengan air baik
dan keluarkanlah dengan cara baik baik


selamat berjuang, teko ajaib ciptaan Allah !
with love