15 Okt 2013

♡ Nikah Mulia ♡

suatu sore yang tenang, tiba-tiba kepikiran untuk buat review dari e-book nya Luky B Rouf yang berjudul "Nikah Mulia". sebuah sajian ringan yang meluruskan beberapa pemahaman yang salah tentang khitbah - ta'aruf - dan menikah. sedikit bacaan yang Alhamdulillah terasa banget manfaatnya untuk menguatkan prinsip untuk tetap istiqamah menjadi gadis tiramisu (sekaligus ngebakar-bakar semangat biar cepet nikah hahahaha).

"dan orang-orang yang tidak mampu menikah, hendaklah menjaga kesucian dirinya,
sehingga Allah memampukan dengan rezeki-Nya" (QS An-nuur: 33)

jika kamu ingin menyeleksi perempuan atau laki-laki untuk menjadi pilihan terakhir kamu, Islam punya jalur khitbah (meminang). tapi ternyata khitbah bukan berarti proses setengah resmi sebelum nikah seperti yang dipersepsi banyak orang awam tentang proses lamaran yang pake pesta-pesta gitu. menurut istilah, makna khitbah adalah sebuah permintaan atau pernyataan (umumnya) dari laki-laki kepada pihak perempuan untuk menikahinya.

khitbah dilakukan secara rahasia dan terbatas, artinya dilakukan hanya antara laki-laki dan perempuan yang bersangkutan atau melalui perantaranya, atau lebih baik lagi jika pihak keluarga keduanya juga diberi tahu. nah jika yang dipinang telah menjawab bersedia, maka perempuan ybs sudah menjadi 'makhthubah' atau perempuan yang sudah dipinang, dan secara hukum tidak diperkenankan untuk menerima pinangan laki-laki lain.

"siarkanlah berita pernikahan dan rahasiakanlah peminangan" (HR Ummu Salamah ra)

intinya, khitbah adalah proses mengajak untuk berumah tangga. ini baru awalnya, dan setelah ini kedua belah pihak diperbolehkan untuk ta'aruf untuk saling mengenal dan saling bertanya tentang masing-masing untuk melihat kecocokan. sekali lagi, proses ini rahasia dan terbatas, sampai tiba waktunya si perempuan memberi jawaban setuju atau tidak, atau keduanya sudah saling cocok (karena sudah ta'aruf), maka bisa dilanjutkan ke pembicaraan pernikahan. kecuali jika setelah proses ta'aruf salah satu atau keduanya ada yang merasa tidak cocok, keduanya bisa bubaran dengan cara baik-baik. dan karena prosesnya rahasia, maka kecil sekali kemungkinan terjadinya fitnah diantara keduanya. Islam benar-benar mulia dan memuliakan :)

buat yang penasaran atau sekedar mau nambah ilmunya, bisa didownload e-booknya @Lukyrouf di Playstore, dengan judul "Nikah Mulia" atau bisa langsung nih disini ;)

***

#np Ost Full House - I think I (guitar instrument)

maukah kau, membagi semua kesenanganmu,
dengan sabar menjelaskan padaku hal-hal yang kau suka,
melampiaskan semua amarahmu pada dunia didepanku,
dan menjadi seapa adanya dirimu untuk ku terima?

jika ya adalah jawabnya
izinkan aku memintamu menggenggam tanganku yang perlahan akan merenta, teruuus hingga usiamu menyaksikan rambutku memutih. izinkan aku memintamu untuk tidak menerima aku apa adanya, untuk kau perbaiki senti demi senti dari seluruh keburukan yang kupunya. untuk kau betulkan setiap tajwidku yang keliru, untuk kau luruskan sendi-sendi ketika aku ruku, dan untuk kau bimbing menuju mimpiku, yang kuharap juga adalah mimpimu: ridha Allah ta'ala

disaat waktunya tiba nanti,
datanglah dengan senyuman :)