12 Jan 2014

pulang

30.11.2013

bila suatu hari nanti ada yang mengantarkanku pulang, memangku dan menurunkanku kembali ke pangkuanMu dalam balutan kain kafan, aku ingin membayangkan menit-menit sebelumnya, jauuuuh sebelum nafasku yang terakhir Kau izinkan ditarik oleh tangan Izrail.

apakah kiranya yang akan aku perhatikan pada detik detik yang tersisa sebelum aku berpisah dengan dunia ini? adakah aku mengenang setiap perjalanan dosa dan amalku, mengenang segala yang pernah ku alami sepanjang usia dan kemudian dengan penuh kesombongan akan merasa lega karena merasa aku akan selamat? ataukah saat itu aku hanya mampu membaca istighfar meminta pengampunanMu dengan segenap jiwa, menghadapkan diri dan menyelami jiwa Muhammad di semasa hidupnya yang tak henti menyebut nama Mu untuk memohon ampunan? ataukah justru aku tak kuasa menahan penderitaan sakaratul maut sehingga tak lagi punya tenaga bahkan untuk mengingat namaMu ya Allah? Astaghfirullaah..

ya Allah, tolong, bangunkan aku lagi... hambaMu ini masih terlalu jauh dariMu, bahkan ingatan bahwa hidup bisa berakhir setiap saat -pun belum mampu memperberat amalan dan menghentikan aliran dosa-dosaku. padahal aku sedemikian takut bertemu denganMu dalam keadaan yang buruk...



Allaahumma innaa nas'aluka salaamatan fiddiini, wataubatan qablal mauut, warrahmatan 'indal mauut, wamaghfiratan ba'dal mauut. Allaahumma hawwin 'alayna fii sakaraatil mauut, wannajaata minan-naari, wal 'afwaa 'indal hisaab.

ya Allah, aku mohon kepadaMu keselamatan dalam agama, kesempatan taubat sebelum mati, rahmat ketika mati, dan ampunan sesudah mati. ya Allah, ringankanlah aku ketika menghadapi kematian, dan selamatkanlah aku dari siksa api neraka, dan ampunilah aku pada hari perhitungan.

_ _ _
beberapa hari sebelum meninggal, Muhammad saw bersabda "seorang hamba Allah, oleh Tuhannya disuruh memilih antara tinggal di dunia ini atau disisiNya, maka ia memilih yang ada pada TuhanNya."